Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Aside

Magang di OMG Consulting

Membaca artikel di Kompas pagi ini, part of my morning rituals… minum teh sambil baca koran (Yes, saya sengaja menyimpan satu rutinitas ini karena belum bisa nyaman baca koran secara digital)

Artikel berjudul “Mahasiswa Kesulitan Magang” membuat saya langsung ingat dengan postingan saya soal magang yang sudah cukup lama berada di draft saya.

picture-3

Magang menurut saya bukan hanya penting untuk Mahasiswa namun juga penting untuk perusahaan.  Jadi saya agak bingung membaca artikel di Kompas tadi.  Kenapa perusahaan tidak memberi kesempatan? Mungkin mereka belum tahu bahwa program magang juga bisa banyak manfaat untuk mereka.  Pertama, perusahaan mendapatkan tambahan pekerja (ini bisa dilakukan saat bulan ramai pekerjaan) Kedua, menjadi ajang pencarian karyawan lapis dua bila ada karyawan yang keluar ataupun di-promosi-kan. Ketiga, menjadi promosi tersendiri lewat para kandidat magang apalagi bila perusahaan tersebut diminati banyak kandidat.

Executive Assistant saya, Dyna juga dulunya adalah anak magang di Hard Rock Cafe.  Saat itu Dyna masih kuliah di Akademi Sekertaris Tarakanita.  Dari sekian banyak anak yang PKL, Dyna sangat impresive sehingga waktu Angel, sekertaris saya resign Dyna langsung menjadi karyawan kontrak.  Kini di OMG Consulting pun Dyna setia membantu saya 🙂 Malah sudah naik pangkat jadi Executive Assistant.

Ada juga Kartini, yang sebenarnya sudah ingin magang sejak masih tahap akhir kuliah.  Namun karena dia kuliah di jurusan Akuntansi Universitas Indonesia, agak sulit untuk PKL resmi dari kampus.  Dan saya takut nanti kuliah Tini malah terbengkalai kalau dipaksakan magang di OMG sambil kuliah.  Akhirnya saya berikan ‘deal’ untuk magang kalau dia sudah lulus kuliah.  Setelah dicoba magang 3 bulan, ternyata Tini memang bagus sekali dan sangat passionate dengan pekerjaan sebagai Assistant to Project Manager di OMG.  Tidak bergeming saat saya ingatkan bahwa dia bisa dapat pekerjaan bagus sebagai accountant, sekarang dia sudah menjadi Assitant Project Manager di OMG Consulting.

Memang dua contoh diatas hanya segelintir dari sekian banyak anak magang yang pernah bareng di perusahaan saya.  Kalaupun ada yang benar-benar hanya magang selama kuliah, tetap menguntungkan untuk perusahaan.  At least dia sudah kenal kita, who knows di tempat dia kerja setelah lulus kuliah kita tetap bisa bekerjasama.

Toh, OMG Consulting adalah perusahaan dengan skala kecil untuk jumlah karyawan.  Jadi walau banyak juga anak magang lainnya yang bagus-bagus tidak semua bisa kita offer untuk jadi karyawan kontrak.  Itu juga kembali ke masalah timing.  If the timing is right, and there’s an opportunity… grab it!

Sekalian posting ini menjawab berbagai pertanyaan soal kesempatan magang di OMG Consulting.  Supaya saya tidak ulang-ulang menjawabnya, inilah persyaratannya:

1. Diutamakan yang punya surat PKL dari kampus.

2. Minimum 3 bulan (karena dibawah itu, tidak akan maksimal dan belum terlalu banyak yang bisa diambil)

3. Untuk yang tidak punya surat PKL dari kampus, tetap akan dipilih beberapa untuk di-interview oleh HRD atau salah seorang manager dari OMG Consulting.

Simple kan?

Kirim by email ke hello@yorissebastian.com atau yang mau lebih kreatif lagi bisa kirim hard copy ke:

OMG Consulting

The BellezaShopping Arcade #333
Jl. Letjend. Soepeno No. 34
Jakarta 12210

Nanti applicationnya baik yang versi email maupun hard copy akan dinilai kreativitasnya dan masukkan juga point-point kenapa kamu perlu dipilih untuk magang di OMG.  Include achievement-achievement selama ini dan pengalaman organisasi juga menjadi plus point.

Good luck untuk yang mau magang…

Untuk yang sudah kerja, please spread this info ke HRD… mulailah beri kesempatan magang untuk mahasiswa 😉

  • Sangat menarik sekali di OMG Consulting ini :), dan cukup terkenal di berbagai kalangan. apakah masih menerima Mahasiswa Magang MAs Yoris ?

    M Adnan Fatron

    March 16, 2016

  • masih Adnan

    Yoris Sebastian

    March 18, 2016

  • ini saya iseng buka blog ny mas yoris, tapi kira2 mas yoris sndiri nerima mhasiswa arsitektur utk magang? kira2 project2 ny mas yoris sendiri termasuk mencakup desain bangunan gak?

    andrye liwang

    April 27, 2016

  • Mas yoris, sy mhasiswa jrusan arsitek, apakah jika saya magang sm mas yoris, apakah sy bs trut berkontribusi trhadap proyek2 mas yoris? Apakah proyek mas yoris ny sndiri mencakup desain bangunan atau sjenis nya? Terima kasih

    andrye liwang

    May 4, 2016

  • yes kalau diterima sebagai anak magang, kamu berkontribusi ke semua proyek OMG. Artinya bukan hanya proyek arsitektur saja. Saya dan OMG biasanya fokus ke konsep bisnis nya… design bangunan biasanya dikerjakan oleh arsitek ternama yang punya rekam jejak di konsep yang sedang dikerjakan. Misalnya yang terakhir ini Rumah Luwih, dikerjakan oleh Hadiprana Architect.

    Yoris Sebastian

    May 5, 2016

  • Hallo Mas Yoris. Saya fresh graduate. Apakah di OMG membuka lowongan untuk jurusan marketing? saya tertarik sekali dengan kreatif konsultan dan ingin bergabung. Semoga bisa menjadi bagian dari team OMG.

    Caroline Anjani

    September 27, 2016

  • bisa kirim cv and your past achievement to dyna@alwaysomg.com

    Yoris Sebastian

    October 8, 2016

  • Kalau part time worker bagaimana?semisal hendak ada event kreatif baru gabung/perproject, apakah ada juga di OMG?

    maydina

    October 5, 2016

  • iya kami banyak juga by event or by client kontraknya… makanya OMG bisa running hanya dengan 5 karyawan plus saya jadi 6 😉

    Yoris Sebastian

    October 8, 2016

  • mas yoris, lulusan s1 sistem informasi adakah peluang bekerja di OMG ?

    tomy

    January 2, 2017

  • Selalu terbuka, OMG tidak pernah melihat sekedar ijasah tapi kami melihat pengalaman dan pencapaian selama ini 🙂

    Yoris Sebastian

    January 3, 2017

  • Selamat pagi mas yoris.
    Saya mengetahui info konsultan ini dari kakak senior saya yang magang beberapa bulan yg lalu sejak itu selama 3 bulan terakhir saya mengikuti, mencari tau tentang konsep yang selama ini mas yoris terapkan. Saya tertantang untuk belajar lebih tentang lingkungan ini, apakah OMG consulting membuka periode magang dari bulan mei-desember 2017?

    Muhammad Mirzal Dipa

    February 2, 2017

  • internship selalu buka… selama mahasiswa/i tingkat akhir… send your cv and your past achievement to gege@alwaysomg.com

    Yoris Sebastian

    February 14, 2017

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment