Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Post

Ide Bisnis Yang Bagus Buat Saya

IMG_20131105_085437

Pertanyaan ini sering sekali datang ke saya, baik di seminar maupun di twitter.  Apalagi menjelang tahun baru, biasanya pertanyaannya menjadi, “Kira-kira bisnis apa yang bagus buat saya di tahun depan, mas Yoris?”

Saya bisa menjawab dengan berbagai pekerjaan baru yang punya prospek bisnis cerah di tahun 2014, namun menurut saya yang terpenting adalah mempelejari diri kita sendiri dulu.

Di dalam diri kita, ada banyak komponen yang membuat diri kita berbeda dengan yang lain.  Mulai dari gen orangtua kita, tempat sekolah, lingkungan rumah, tempat kuliah dan jurusan kuliah hingga pengalaman kerja (kalau ada) itu membentuk sebuah kepribadian yang berbeda.

Nah, sebenarnya bisnis yang bagus adalah bisnis yang kita sukai dan syukur-syukur ditunjang dengan berbagai komponen yang memang sudah ada dalam diri kita.  Lebih bagus lagi kalau bisa sesuai passion kita.

Namun bisnis yang benar-benar kita suka terkadang sudah banyak di pasaran, sehingga kita harus kreatif dan membuatnya menjadi berbeda.  Yup, saat ini almost nothing new under the sun tapi kita bisa usahakan bikin yang berbeda.

Saya misalnya bikin OMG Consulting, memang sudah banyak konsultan di Indonesia, namun yang hanya jualan konsep kreatif waktu itu masih jarang.  Referensi terdekat saat itu adalah IDEO, sebuah product innovation consultant yang menawarkan berbagai design product yang inovatif. Nah OMG hanya jualan konsep dan dulu biasanya klien gak mau hanya bayar konsep.  Namun karena hasil yang selalu unik dan dibicarakan banyak orang, akhirnya pelan tapi pasti OMG Consulting mulai dicari orang. Good result membawa kami ke banyak klien berikutnya.

Kalau OMG hanya lahir sebagai konsultan yang sama seperti yang sudah ada, akan sulit sekali untuk terkenal dan dibicarakan orang.  Setelah itu ya tergantung bagaimana kita menjaga yang namanya rekam jejak.  Kami pernah menolak project yang nilainya milayaran hanya karena di atas kertas tidak akan berhasil.

OMG sendiri yang artinya Oh My Goodness is really me.  Coba lihat program I Like Monday, Destination Nowhere lalu ide bisnis BC Bar yang hanya buka 2 hari seminggu namun untung besar.  Yup hampir semua hal yang pernah saya bikin dulu punya unsur Oh My Goodness!

So jawaban untuk ide bisnis yang bagus? Bikinlah bisnis yang YOUnique biasanya akan sukses dan yang menjalankannya juga menikmatinya.

  • Senang ya bisa bisnis kayak Mas nya ini.
    Jadi kepingin juga.
    Hehehe………

    Mari Tio

    September 29, 2014

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment