Penulis Pidato Presiden

Sekarang sedang heboh soal pidato Presiden SBY setelah Bom Marriot II kemarin.  Saya tidak mau membahas soal itu, namun saya mau mengangkat sosok kreatif di balik pidato Barack Obama.

jon-favreau

Namanya Jonathan Favreau, lahir 2 Juni 1981.  Jabatan sekarang Director of Speechwriting di Gedung Putih.  Dialah sosok penting di hampir semua pidato Barack Obama, sebelum maupun sekarang menjadi Presiden.

Jon sangat populer dengan speech yang akhirnya menjadi slogan kampanye Obama di senat Illinois tahun 2004, “Yes, We Can”.  Jadi Obama walau jago ‘ngomong’ tetap perlu dibantu dengan tim penulis pidato.  Jon biasanya dibantu at least 2 staff.

Inti speech tetap dari Obama, biasanya Jon akan mencatat point-point penting lalu melakukan research untuk memperkuat point-point Obama sehingga menjadi pidato yang mengesankan.  Untuk pidato penting seperti Inaugural Speech, mereka bertemu sekitar 4-5 kali sebelum akhirnya setuju dengan pidato yang sekarang bisa ditonton jutaan orang di Youtube.

Jonathan Favreau adalah Director of Speechwriting termuda kedua di sepanjang sejarah Gedung Putih.  Di Indonesia siapa ya penulis naskah Pidato yang bagus? Mudah-mudahan di Pemilu 2014, sudah banyak ya 😉 Speech matters!!!

jon-favreau-obama

20 Comments

  1. Mungkin yang lebih penting bukan siapa.. tapi kapan memulai proses apakah orang bersungguh2 mempersiapkan sesuatu… Mungkin orang2 akan menunjuk dirinys sendiri, tapi siapa yang bisa menilai kapasitas itu?

  2. Saya suka banget sama speeches nya Obama. Selain memang Obama yang jago pidato, pastinya peran tim penulis penting banget.
    Tambah kagum lagi sama si Jon Favreau pas tau kalo dia selain jadi speechwriter nya Obama, juga barengan jadi sutradara Iron Man. (ckckck… multitasking bgt yah… masih mudah lagi)

    1. Ternyata barusan check ke wikipedia… kebetulan namanya aja yang sama… yang speechwriter dan yang actor plus director beda Deche 🙂

  3. Memang Benar, Saya Salut Dengan Pidato Obama. Dari Awal Sampai Sekarang. Sungguh Inspiratif Banget. Apalagi Di Jepang (klo tdk salah) Ada Pihak Tertentu Yang Merangkum Dan Membukukan Pidato2 Obama. Kemudian Di Jual Di Kalayak Umum. Sungguh Luar Biasa. Lewat Kerja Keras Dari Beliau dan Tim Suksesnya. Yang Perlu Di Perhatikan Di Indonesia Adl Dari … Baca SelengkapnyaSegi Tata Bahasa. Karena Seorang Presiden Bukan Berbicara Untk Dirinya Sendiri Melainkan Selurh Rakyat Bahwa Dunia. Smoga Indonesia Dapat Mencontohnya. Luv Ina

  4. Memang Benar, Saya Salut Dengan Pidato Obama. Dari Awal Sampai Sekarang. Sungguh Inspiratif Banget. Apalagi Di Jepang (klo tdk salah) Ada Pihak Tertentu Yang Merangkum Dan Membukukan Pidato2 Obama. Kemudian Di Jual Di Kalayak Umum. Sungguh Luar Biasa. Lewat Kerja Keras Dari Beliau dan Tim Suksesnya. Yang Perlu Di Perhatikan Di Indonesia Adl Dari … Baca SelengkapnyaSegi Tata Bahasa. Karena Seorang Presiden Bukan Berbicara Untk Dirinya Sendiri Melainkan Selurh Rakyat Bahwa Dunia. Smoga Indonesia Dapat Mencontohnya. Luv Ina

  5. This is the most inspiring post on your blog. Haha kidding but it’s indeed very inspiring 🙂 I am thinking about becoming Mr President’s speechwriter, so people would use a different tag line beside ‘ini bukan rumor, bukan gosip, bukan isu’. Geez.

      1. Nggak keterima 🙁 Mungkin nanti insya Allah S2! Amin! Sekarang belajar bisnis dulu deh. I want to be like you, but a wayyyy better and more creative one! :p

        1. yes Alanda… I believe you’ll be better and more creative 🙂

          you already have a better start than me… so spread your wings and fly away

    1. Yes Natalia dan kalau dilihat2 Obama banyak kasih kesempatan kepada orang muda… salah satunya Chris Hughes from Facebook yang kalau tidak salah menjadi Kepala Promosi Online Obama dan menjadi salah satu kunci sukses Obama pada saat pemilu…

      Nanti kalau ada waktu saya coba compile dari berbagai sumber dulu ya 🙂

      Tapi soal tampan… Emang Jon ini deh juaranya hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.