Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Post

Start Small: Puji Prabowo (Kejar Aurora)

puji prabowo kejar aurora

Di buku maupun berbagai seminar, saya memang selalu bilang, “Start Small” namun setiap hari tidak henti-henti saya terkesima dengan hasil dari mereka yang kemudian menjalankannya.  Salah satunya adalah Puji Prabowo, yang kini sedang mengembangkan Ruang Imajinasi “Kejar Aurora”.  Kalau tidak salah, Puji pertama kali melihat saya sebagai pembicara di acara Beswan Djarum.  Lalu tahun berikutnya dia hadir sebagai panitia dan singkat cerita Puji bahkan berhasil menjadi anak magang di OMG Consulting.

Saya terkesima, saat Puji membuat buku berjudul “Kejar Aurora” yang keuntungannya digunakan untuk membuat Ruang Imajinasi untuk anak-anak SMP yang belum berkesempatan untuk mendapatkan soft skill atau tambahan pelajaran di luar sekolah. Jadi karena di Beswan Djarum, Puji mendapatkan soft skill kini ia ingin memberikan pengalaman serupa kepada sesamanya yang belum beruntung.

Saya sebenarnya sempat berpikir, “Bikin buku kan untungnya tidak besar, gimana caranya anak ini mau bikin ruang imajinasi?”

Ternyata buku menjadi tools untuk Puji mengumpulkan dana untuk membuat Ruang Imajinasi “Kejar Aurora”, bukan sekedar jualan bukuPuji tidak mau orang sekedar menyumbang.

Puji berangkat dari sebuah ruang kecil yang tidak terpakai, yang diperbolehkan untuk dipakai secara cuma-cuma oleh pemiliknya. Berawal dari ruang kecil tersebut, kini “Kejar Aurora” sudah berkembang menjadi wadah kelompok belajar gratis bagi anak-anak untuk mengembangkan karakternya seperti soft skill, imajinasi, kreativitas, pemecahan masalah, dan menjadi agen perubahan bagi lingkungannya.

Salut buat Puji dan semoga cerita ini bisa memberi inspirasi buat teman-teman yang membaca blog ini, “If there’s a WILL, there is a WAY” tentunya berlaku untuk Puji yang tentunya mengasah kreativitasnya di berbagai kesempatan.  Saya masih senyum-senyum membaca pertanyaan Puji yang ternyata terpilih sebagai salah satu dari 10 pertanyaan penerima Beswan Djarum yang saya jawab dan kalau tidak salah saya kasih buku.  Very proud of you. Saya bahkan juga belajar dari kisah Puji bahwa kita bisa mulai dari sangat amat kecil.

Ruang Imajinasi Kejar Aurora

 

  • Remarkable!, Seth Godin, penulis “Purple Cow”, bilang personal brand itu harus remarkable, dan Puji punya itu.

    Kebetulan kami yang bekerja sama dengan Djarum Foundation sejak tahun 2006 untuk memberikan soft skills buat para Beswan, dan Puji (nickname “Uji”) salah satu peserta yang ikut training saya “Dare To Be Leader”, yang populer dikalanagn Beswan Djarum dengan DTL pada tahun 2009. Sya ingat banget, ketika itu Uji cs mempresentasikan hasil kerja timnya, saya memhuji sekaligus mengkritik sangat tegas khususnya cara Uji menyampaikan presentasinya… ternyata Uji mempunyai jiwa besar dan ingin maju, dia tidak sakit hati… Dan orang pertama setelah mengikuti traing DTL, yang berhubungan dengan saya via email adalah Uji untuk berkonsultasi tentang masa depannya.
    Tahun 2010, Puji pernah ikut saya sebagai salah satu tim saya sebelum melanjutkan kuliah S2 di ITB..|
    Very proud of you, Uji.. Anda bernar sudah ter’uji’… 🙂
    Bravo Uji!

    Marthen Sumual

    November 12, 2013

  • Yes Marthen, Itu juga yang saya senang dengan Puji… mau menerima kritik dan terus bergerak maju. Salam Beswan ya 🙂

    Yoris Sebastian

    November 25, 2013

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment