Youtube Tidak Menghasilkan Uang?

Sebenarnya saya ditanya oleh mas Eko, salah seorang pembaca blog ini. Namun saya malah tertarik menjadikannya posting, siapa tahu banyak yang bahas dan ikut memberi komentar.

Seperti dilansir oleh DetikInet.com, ternyata Youtube masuk dalam daftar 10 kegagalan terbesar dalam dekade terakhir versi majalah Time bersama Palm Pilot, the Segway dan juga HD DVD.

Kesuksesan Youtube ternyata tidak diikuti dengan kesuksesan financial.  Sungguh disayangkan karena kehadirannya yang fenomenal dan revenue yang cukup tinggi, agak berat dengan biaya yang digunakan bagi penyimpanan dan bandwith yang dibutuhkan untuk menjalankan situs mereka.

Seringkali kita terjebak dalam keadaan seperti ini.  Kita tampil dengan konsep differentiation yang spektakuler namun tidak diikuti dengan business model yang memadai.

Namun bagaimanapun, saya bersyukur dengan kreativitas tingkat tinggi dari Chad Hurley, Steve Chen and Jawed Karim sehingga kita semua bisa menikmati video library terbesar di dunia.

Saya yakin mereka juga tetap menikmati keuntungan besar dari saham dan mereka terus akan melakukan inovasi baru yang menghasilkan uang dan mungkin sustainable.

Learn the lesson and fix it in your next project 😉

Bagaimana komentar yang lain?

picture-87

6 Comments

  1. Yap, bagaimanapun sulit juga jika exposure besar tapi biaya operasional tidak tertutup. Di luar kualitas videonya yang sering kali berkualitas kurang premium, tidak bisa kita pungkiri bahwa YouTUbe adalah library video paling lengkap karena partisipasinya.

    Saya sempat terpikir mengenai topik ini sebelumnya, bagaimana jika YouTube dimonetisasi dengan cara account premium? account dimana usernya bisa mengupload video dengan durasi lebih panjang, kualitas lebih bagus, boleh diselingi iklan, dsb dsb sehingga user pro yang membuat konten pro terakomodir? Seperti flickr pro lah. Well, just another buzz in my head sih sebenarnya 😛

    Oya, selama ini saya hanya mengikuti blog Bang *halah, bang. bang, kang, mas, Oom, atau Pak enaknya?* Yoris melalui RSS. ketika datang kesini, ternyata tampilannya sudah berubah menjadi sangat yahud! 😀

    1. nice comment Fikri… agree with you, they should innovate on how they monetize more money 🙂

      tampilannya jadi sangat yahud berkat bantuan temen2 di Think Web 🙂

  2. “Broadcast Yourself”
    tag youtube yang benar-benar menyihir bahwa setiap kita bisa dengan mudah menjadi “bintang” dunia dengan cara mudah 😀

    yang kurang dari youtube memang dari awal adalah monetesinya, baru belakangan saja dapat kita lihat google memanfaatkan google adsense di dalam videonya (ads video) lagi-lagi ini sebuah trobosan baru google yang bisa pasang adsense di sebuah video, tapi apakah itu cukup?.. hmmm sepertinya itu sampai saat ini belum bisa menutupi biaya operasional yang tinggi,
    untuk membuat fasilitas premium di youtube sepertinya hal ini tidak akan begitu berhasil, apalagi ditengah jargon inet yang “semua gratis”,apalagi jika nilai tambahnya hanya sebuah fasilitas simpan yang lebih besar (bagi orang-orang biasa ini tidak begitu menarik)
    kalo disuruh berhayal jadi petinggi youtube/adsense hal yang akan saya lakukan, melakukan kerjasama dengan pihak industri film dalam hal “pendistribusian” film-film mereka, artiannya disini nanti si user “premium” dapat menonton secara live “penuh” sebuah film dengan kualitas yang baik, jadi bisa saja nanti dibedakan dengan
    bayar a = hanya nonton
    bayar b = nonton + sewa
    bayar c = nonton + full download

    kemudian bisa juga dia menggunakan cara narsis.tv, ke…ke..ke… kan asik tuh jika youtube bisa kerjasama dengan pihak2 televisi di seluruh dunia yang mana nantinya acaranya akan diformat sesuai negara masing-masing 😀 siapa sih yang ‘ga narsis di dunia ini 😀

    *cukup sekian dulu, ngantuk dari tadi nunggu upload ke youtube gak selesai-selesai 😛

  3. Sekarang mungkin bukan uang langsung yang bisa didapat. Tapi lebih kepada exposure perusahaan, stabilitas branding google dan kalo disedikit menjauh CSR nya google pada seluruh orang di dunia yang melek internet dan pengen populer instantly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.