Award Tahunan yang Meaningful & Berumur Panjang

Foto diatas diambil tanggal 23 Februari tahun 2000, saat saya dan Meuthia Kasim menghadiri 42nd Grammy Award di Staples Centre Los Angeles. Saat itu acara tersebut disiarkan live di 87.6 Hard Rock FM. Selain banyak belajar bagaimana mereka menggelar malam penghargaan yang demikian berpengaruh di dunia, saya juga mendapatkan inspirasi bagaimana penyelenggaraan event memang perlu tahunan dan setiap tahun diperbaiki sehingga semakin baik dan tetap menarik untuk dibicarakan.

Saat itu I Like Monday baru berumur sekian tahun, namun semangat saya mengebu-gebu untuk bisa menyelenggarakannya hingga 42 tahun seperti Grammy waktu itu.  Tentunya bukan oleh saya sendiri namun oleh Hard Rock Cafe Jakarta 🙂 Dan saya sungguh senang karena hingga sekarang I Like Monday masih dijalankan…

I Like Monday juga membawa saya memenangkan banyak penghargaan, salah satunya Young Marketer Award dari IMA (Indonesia Marketing Association), Markplus dan Majalah SWA.  Selain itu ILM juga membawa saya menang di tingkat nasional untuk mewakili Indonesia pertama kali tampil di ajang tingkat dunia bernama International Young Creative Entrepreneur Award di London.

Banyak ikut lomba dan kerap menang baik di tingkat nasional, regional maupun internasional akhirnya membawa saya mulai sering diminta menjadi juri.  Salah satu yang cukup berkesan dan sampai sekarang masih saya lakoni adalah juri Black Innovation Award.  Malah di BIA, setelah saya resign dari MRA Group dan mendirikan OMG Consulting, kami juga dipercaya sebagai Event Consultant.

Akhirnya OMG Consulting pun jadi sering menjadi event consultant khususnya untuk event award tahunan.  Malah belakangan, OMG malah sudah menjadi Award Creator untuk client-client kami.  Misalnya:

Young Caring Professional Award untuk Caring Colours Martha Tilaar, yang diadakan untuk para wanita professional yang memiliki prestasi di bidang masing-masing.

Telkom Indigo Fellowship untuk Telkom, yang diadakan untuk para creativepreneur di bidang teknologi digital maupun calon creativepreneur karena para pemenang diberikan modal usaha sesuai presentasi konsep business mereka. Saat itu belum banyak award yang memberikan modal usaha untuk para pemenangnya.

Clas Music Heroes untuk Clas Mild, yang diadakan untuk para penyanyi atau band yang banyak berbicara melalui prestasi-prestasi mereka.

Untuk CMH ini bahkan menjadi salah satu peraih penghargaan Gold Winner dari majalah Mix (kelompok media SWA) untuk penghargaan The Most Impactful Brand Activation 2010.

Namun buat saya yang terpenting bukan sekedar mendapat penghargaan sebagai impactful brand activation atau sekedar menjadi yang pertama yang memberi modal usaha… yang terpenting adalah membuat award yang berguna untuk pemenangnya dan juga memberi inspirasi untuk yang lain…Karena melalui award-award ini kita sebenarnya sharing best practice dari para pemenang sehingga membagi inspirasi positif untuk yang lain.

Last but not least, seperti Grammy Award yang hari ini diselenggarakan untuk ke 53 kalinya… Saya berharap impactful awards yang ada – baik yang kami kerjakan maupun yang bukan – akan terus berlangsung untuk jangka waktu yang panjang…

5 Comments

    1. Pada saat yang tepat… akan lahir Penghargaan musik bukan penghargaan popularitas 🙂 Doakan saja mimpimu akan jadi kenyataan…

    1. yes intan, we just tell stories… OMG gak punya web dan gak punya company profile… we just tell stories 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.