Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Post

Creative Trip – YCPA Caring Colours to Singapore

YCPA 2013 Google Spore

Kebanyakan program yang dibikin konsepnya oleh OMG, berjalan long term.  Salah satunya adalah Young Caring Professional Awards yang diselenggarakan oleh Caring Colours Martha Tilaar tidak terasa sudah 4 tahun berjalan.  6-8 Oktober lalu, para pemenang YCPA ditemani beberapa juri (Ligwina Hananto, Fira Basuki, Nancy Margried, Rene Suhardono dan saya sendiri) jalan-jalan ke Singapore untuk melakukan Creative trip.

Yes, berikan experience kepada para pemenang, bukan sekedar hadiah uang seperti penghargaan pada umumnya.  Selain itu hadir juga Mita, Finalis YCPA 2010 dan Ira Latief Finalis YCPA 2011 karena sudah turut aktif mendukung program YCPA 2013.

Salah satu tujuan utama adalah mengunjungi kantor Google South East Asia sekaligus menikmati makan siang di Google yang ternyata sehat namun tetap enak.  Para pemenang sangat aktif bertanya kepada para Googlers yang kebetulan kami pilih adalah orang Indonesia semua, ada Krishna, Dyah, Kezia dan Isabella.  Selain itu juga ketemu dengan Erika Oktora, yang kami temui saat visit 2010 lalu.  Senang melihat banyak orang Indonesia yang berhasil menembus Google (yang terkenal unik dalam interview calon karyawan).

Selain mengunjungi ke Google, kemana lagi mereka?

Judges YCPA Google Spore

Selain belajar tentang NEW world di Google (yang kini setelah sukses mengembangkan Android, mulai merambah ke self-drive car) rombongan juga kami bawa ke exhibition Mummy yang tentunya menjelaskan OLD world.  Yup, selain berpikir ke depan kita juga tetap harus tahu sejarah, tahu ground sehingga berpijak dengan dasar-dasar yang kuat.

Belum lagi pengalaman nonton “Moon Baloon” di Esplanade, dimana sengaja kami pilihkan teather kecil sehingga para pemenang juga lebih confidence bahwa seharusnya kitapun bisa membuat pertunjukan yang bukan bermodal tempat namun bermodalkan kreativitas.  Belum lagi tour behind the scene di Esplanade yang menunjukkan bagaimana every little details mereka pikirkan sungguh-sungguh.

Makan pun ‘dikurasi’ tidak sekedar makan malam, namun semua rombongan dinner di Jamie’s Italian yang baru saja buka dan masih punya antrian panjang.  Kenapa resto Jamie Oliver? Selain enak tentunya, Jamie dikenal juga punya spirit care for others yang kuat.  Seperti spirit Caring Colours: Care for Yourself, Care for Company and Care for Others.

Selain itu mereka juga mendapatkan seminar Back of The Napkins dari Goh Ai Yat sehingga bisa melakukan problem solving dengan cara menggambar (bukan gambar bagus, tapi lebih ke icon saja).

Belanja-belanja? tentu saja ada waktunya dong, walau dibebaskan ke masing-masing peserta mau kemana…

Sebenarnya creative trip seperti ini tidak hanya bagus untuk para pemenang lomba namun juga untuk outing kantor.  Saya masih sering mendengar hadiah jalan-jalan ke Eropa misalnya, namun kurang inspiring untuk para peserta.  Kalau ada cerita tentang outing yang seru dan inspiratif, kabar-kabari ya, would like to hear 🙂

YCPA 2013 Spore Flyer

 

  • envy to the max for that Google experience!! :'(
    going to submit again on upcoming YCPA

    *masih penasaran karna 2010 jd semifinalis doank*

    toss from Surabaya – PPK Sampoerna 🙂

    echa

    October 31, 2013

  • Yes Echa, keep on trying… See you on YCPA 2014 🙂

    Yoris Sebastian

    November 1, 2013

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment