Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Post

Video on Instagram

instagram video

Saya termasuk orang yang senang, karena sejak bulan lalu Instagram menambah fitur video untuk para penggunanya.  Artinya saya tidak perlu memaintain terlalu banyak social media network.  Tadinya saya berencana menggunakan Vine menambah Instagram & Linkedin untuk international social media network saya.  Yup, video & photo lebih universal untuk berjejaring dengan teman-teman di luar negri.

Dengan adanya video di Instagram, saya hanya mencantumkan Instagram dan Linkedin di akhir presentasi saya di luar negri, misalnya saat sharing soal Creativity & Youth di Guangzhou beberapa minggu lalu.  Twitter dan Facebook tidak terlalu bagus untuk stay connected with our international friends, karena saya memang lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri, langkah Instagram ini adalah mengikuti kesuksesan Vine yang sempat meroket dalam beberapa bulan terakhir ini.  Apa inspirasi positif yang bisa diambil untuk market leader?

Market leader tidak perlu malu untuk merespon keberhasilan new comerTapi market leader jangan hanya copy paste apa yang dilakukan secara baik oleh pesaing barunya.  Seperti yang dilakukan Instagram, mereka tidak sekedar menambah fitur video.  Mereka memberikan kapasitas video 15 detik dibanding Vine yang hanya 6 detik.  Instagram juga memungkinkan kita untuk delete last scene dan yang saya suka banget adalah fitur image stabilization.  Last but note least, instagram video juga tetap ada filter-filter seru seperti yang ada di instagram photo.

So, Instagram sebagai market leader bergerak cepat menutup gerak Vine, namun dengan berbagai inovasi dan tidak sekedar meniru.  Buat saya makin sedikit social media yang harus saya maintain makin bagus.  Kini saya tidak lagi menggunakan Vine dan saya cek terjadi penurunan drastis dari jumlah download untuk Vine di berbagai platform.  Sukses untuk Instagram.  Another lesson learned for market leader.

 

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment