Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Post

Dirgahayu Republik Indonesia 71

Seperti biasa, setiap tahun saya mencoba mencari iklan Dirgahayu Republik Indonesia yang tidak biasa dan punya kesempatan jadi domino efek untuk yang lain untuk bikin sesuatu sebagus itu. Sayangnya untuk iklan koran di tanggal 16 dan 18 Agustus belum ada yang menarik untuk saya bahas secara positif di blog ini. Seperti biasa, saya hanya mau membahas yang positif walau sayang juga sih melihat uang begitu besar dihamburkan untuk sesuatu yang tidak berdampak untuk pembuatnya.

Beruntung pas tanggal 17 Agustus 2016 kemarin, saya menemani anak saya nonton film di bioskop. Dan kami melihat iklan keren ini di layar sinema XXI. Seperti apa iklannya?

https://www.youtube.com/watch?v=8Cudwy86Fm0

Di sinema tidak ketahuan siapa yang membuat, namun bisa dilihat di youtube ini adalah buatan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. Sangat bagus kalau kementerian lain ataupun perusahaan BUMN dan berbagai perusahaan swasta bisa meniru inisiasi ini.

Bukan soal budget, karena sudah banyak yang bikin iklan mahal sebelumnya. Namun bagaimana isinya menggugah dan menggerakkan. Saya merinding saat nonton di bioskop. Sayang karena pemutarannya bersama iklan lainnya dan di awal sekali sehingga banyak pentonton masih berjalan masuk ke bioskop.

Mungkin akan baik sekali bila tayangan ini diputar sebelum film dimulai, dimana hampir semua penonton sudah masuk dan sebelum dimulai ada teks meminta untuk semua penonton berdiri… lalu tayangannya diputar.

Kita perlu revolusi mental. Di luar negeri, semua dibiasakan berdiri bernyanyi dengan penuh hormat pada saat lagu kebangsaan dinyanyikan sebelum pertandingan olahraga misalnya.

Semoga lebih banyak budget yang dikeluarkan dengan tidak biasa namun menggerakkan ke arah yang lebih baik. Bukan sekedar iklan atau tayangan seremonial.

  • bagus bgt iklannya mas yoris… inspiratif, thnks ats shrenya..

    rinho

    August 22, 2016

  • Memang pemutarannya bersama iklan lainnya dan di awal sekali sehingga banyak pentonton masih berjalan masuk ke bioskop.

    Pembicara Internet Marketing

    September 2, 2016

  • Iklannya bagus banget mas, bener2 menggugah hati
    tapi memang setau saya, sequence atau urutan iklan/video teaser yang tampil, sebelum film diputar,

    pengaruh ke rate, atau harga iklannya mas,
    jadi semakin deket ama film mau diputar semakin mahal

    hihii,
    btw salam kenal ya mas

    Zendy Prasetya

    October 3, 2016

  • itulah… harusnya kita kasih perkecualian untuk national anthem 🙂

    Yoris Sebastian

    October 8, 2016

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment